Senin, 27 Februari 2017

Mengetahui Penyebab Rambut Rontok Saat Menyusui, Normal Atau Tidak ?

rambut rontok saat menyusui
Rambut Rontok Saat Menyusui
Di masa saat ibu selesai melahirkan, ibu-ibu sering mengalami beberapa masalah seperti rambut rontok. Janganlah anda khawatir dengan masalah tersebut, karena ini adalah hal yang wajar yang dapat terjadi. Rambut rontok saat menyusui ini hanya bersifat sementara, dan hal ini tidaklah berhubungan sama sekali dengan menyusui yang dilakukan ibu-ibu paska melahirkan.

Anda akan kembali pulih normal setelah 6 hingga 12 bulan sesudah melahirkan. Hal ini dikarenakan rambut kita memiliki fase anagen atau biasa disebut dengan fase pertumbuhan rambut dan juga ada fase telogen atau biasa kita sebut fase istirahat. Tengkorak kepala kita, terdapat fase anagen yang hampir berlangsung selama 3 tahun, dan fase telogen yang berlangsung hanya 3 bulan (normalnya), tetapi fase anagen ini bervariasi oleh setiap individunya.

Sekitar 80-90% wanita dalam masa fase anagen (pertumbuhan), namun perubahan hormon yang terjadi ketika sedang mengandung dapat menstimulasi dan menyebabkan meningkatnya pertumbuhan rambut secara 2x lipat dari biasanya, hal ini jika dibandingkan dengan seorang ibu hamil dan seorang ibu yang tidak hamil maka pertumbuhan rambut ibu hamil 2x lipat lebih cepat. Akibatnya banyaknya bumil rambut menjadi subur saat hamil.

Ketika seorang ibu selesai lahiran dengan otomatis juga akan diikuti oleh perubahan hormon. Maka akan banyak rambut-rambut tadi akan memasuki fase telogen (istirahat) dimana fase telogen (istirahat) selalu mengikuti setelah berakhirnya fase anagen (pertumbuhan).

Rambut rontok saat menyusui biasanya terjadi mulai sekitar 3 bulan setelah melahirkan. kerontokan ini akan terlihat parah ketika rambut busui memanjang. Namun umumnya hal ini akan kembali normal dalam kurung waktu 6 bulan kedepannya.

Ada hal-hal yang dapat anda lakukan untuk menghindari resiko kerontokan dari busui yang memanjang.
  1. Ubahlah gaya rambut anda jika sebelumnya anda suka dengan rambut panjang, maka sarannya adalah ubah rambut anda menjadi gaya berambut pendek. Rambut pendek lebih mudah dirawat dan dibersihkan.
  2. Gunakan shampo dan kondisioner yang benar-benar berkualitas dan tentunya bukan sembarangan shampo dan kondisioner.
  3. Pengobatan ala herbal alami mungkin dapat anda coba juga untuk meminimalkan kerontokan rambut anda.
  4. Minumlah suplemen multivitamin yang dapat membantu dan mendapatkan asupan protein yang baik.

Related Posts

Mengetahui Penyebab Rambut Rontok Saat Menyusui, Normal Atau Tidak ?
4/ 5
Oleh